Tuesday, October 19, 2010

Transportasi di Singapura

Untuk teman2 yang berminat untuk berkunjung atau hijrah ke negara pulau yang super duper panas ini, kali ini gue bakal mengupas (emangnya buah??) tentang transportasi di Singapore.

Basically di Singapore ada 3 macem jenis transportasi, yaitu public transport (MRT / bus)taxi, dan tentu saja mobil pribadi. Nah ayo kita lihat plus dan minusnya masing2.....

1. Public transport
Pada tau dong yang namanya MRT? MRT itu singkatan dari Mass Rapid Transit. Ini adalah salah satu mode transportasi yang paling banyak dipake orang di SG. Liat aja tuh kalo pagi2 pas jam2 pergi kerja... wuihhh ramenya amit2 dah.... siap2 jadi sarden.... tapi masih mending sih kalo dibandingin Jepang (menghibur diri :P)

Pas pertama gue datang dulu taon 1998, MRT di Singapore cuma ada 2 line. Sekarang sudah ada 4 line.... Green (East West), Red (North South), Purple (North East), dan Yellow (Circle). Dan masih terus dibangun, jadi in the future bakal muncul line2 baru lagi.


Keuntungan naik MRT ya waktunya predictable, kecuali kalo ada kerusakan, tapi jarang banget sih. Minusnya ya kadang2 penuh sesak, dan juga rutenya terbatas dan kadang2 suka agak muter2. Kayak misalnya dari Orchard ke Queenstown, kalo naik MRT muter2 (about 20 minutes), padahal kalo naik bis sih deket (10-15 minutes).... (yaelah cuma beda 5 menit doang!)

Nah kalo naik bis..... untungnya itu most of the time lebih sepi dari MRT..... walaupun penuh tuh gak sampe sepenuh MRT deh..... dan juga rutenya lebih banyak. Tapiiii...... banyak minusnya juga. Pertama, ya lu gak tau busnya kapan bakal datang. Memang sekarang sudah banyak improvement..... di bus stop2 yang rame udah dipasangin digital screen untuk kasih tau bis nomer berapa bakal datang berapa menit lagi. Trus lu juga bisa pake handphone / bb / iPad buat cek jadwal. Tapi itu juga gak semua bus stop / bus ada datanya. Apalagi kalo weekend, bisnya malah lebih dikit...... bisa jamuran dah nunggu di bus stop.

Trus... kalau naik bis ya otomatis tergantung jalannya macet apa kagak. Banyak orang Indo yang mikir di SG kagak ada macet..... ya memang macetnya gak ada apa2nya sih kalo dibandingin Jakarta atau weekend di Bandung, tapi ya ada juga. Contohnya kalo dari Queenstown ke Orchard naik bis.... normal time kira2 10-15 menit, tapi kalo lagi macet bisa 30-40 menit.


2. TAXI

Untungnya naik taxi tuh cuma cepet doang. Kalo menurut gua sih banyakan minusnya deh.
- Mahalnya amit2 (kalo dibandingin sama naik public transport). Pertama duduk aja udah S$3.00. Blom kalo weekday peak hour (7-9.30am, 5-8pm) extra 35%. Midnight to 6am extra 50%. Naik di CBD (Central Business District) extra $3. Public holiday extra $1. Naik dari Changi extra $3 / $5 (tergantung waktu). Booking fee extra $3.50. Untuk keterangan lebih lengkap, silahkan klik disini.

- Sebenernya dibilang cepet kadang2 gak juga, soalnya kalo di tempat2 yang populer ya otomatis antrian taxinya juga panjang banget. So, including waiting time, bisa2 naik MRT atau bis lebih cepet.

- Taxi di sini tuh pada pinter2. Biasanya kalo udah deket2 jam 5pm atau jam 12 midnight, semua taxi pada ngilang. Soalnya mereka pengen dapet extra dari surchargenya. Ya iya lah, siapa sih yang gak suka duit??

- Supirnya kebanyakan aneh2..... hmmm kayaknya ntar gua bikin post tersendiri deh soal ini.

Kesimpulannya.... gua jarang naik taxi kecuali kalo bawa barang banyak dari airport, atau kalo dibayarin sama company :P


3. Mobil pribadi

Been there, done that. Juni 2008 gue beli mobil Mazda 3 di Singapore... something which seems right at that time, but it's probably not worth it. Waktu itu tempat tinggal gue gak deket MRT or bus stop, jadi rada2 ribet kalo mau pergi ke mana2. Kalo naik MRT/bus ke kantor 45 menit, kalo naik mobil cuma 15 menit. Tapi akhirnya setelah 2 tahun, gue jual lagi deh tuh mobil.

So, anyway..... kembali ke topik. Kali ini kita bahas minusnya dulu deh...
- Muahallll bok! Harga mobil di sini rata2 2x harga di Indo, or about 3x harga di Amrik / Aussie. Mazda 3 1.6L yang gue beli aja harga totalnya S$60,000. Of course lu bisa ambil loan up to 10 years, tapi tetep aje..... trus di sini tuh ada yang namanya COE (certificate of entitlement), yang cuma berlaku 10 taon. Jadi intinya dengan harga segitu tuh lu cuma berhak atas mobil itu selama 10 taon. At the end of the 10 years, either you scrap it or extend the COE, tapi mahalnya amit2.

- Selain harga mobilnya, tentu saja lu harus bayar road tax, insurance, maintenance, petrol, parking de el el. Parkiran di kantor gue tuh diitungnya per jam. Kalo lu parkir dari pagi ampe sore, per harinya tuh $22. @#$%^$#!!! (mendingan duitnya dipake buat makan di restoran kaleee)

- Cari parkir susah! Apalagi kalo di daerah rame kayak Orchard. Intinya kalo mau naik mobil mendingan ke daerah pinggiran yang relatif lebih sepi.

- Salah satu alasan gua jual mobil gua juga gara2 masalah tempat parkir di rumah. Apartment di Singapore kan ada 2 macem tuh..... government-owned (HDB) atau private (condo). Kalo condo ya enak, tempat parkirnya biasanya di basement atau ada gedung parkir sebelahnya, jadi kagak keujanan or kepanasan tuh mobil. Nah karena kemarin itu gua tinggalnya di HDB, ada 2 pilihan tempat parkir. Yang pertama itu gedung parkir, tapi letaknya agak jauh.... masih lebih cepet gua jalan ke MRT. Yang percis sebelah gedung gue itu outdoor carpark, dan di situ banyak pohon2 besar. Akhirnya yang ada tiap kali hujan mobil gue mandi daun2 kecil dan ranting2 pohon deh. Blom lagi kena eek burung...... T_T

Tapi ya tergantung situasi orang masing2..... gak selamanya punya mobil di Singapore tuh jelek.... kalo misalnya tempat kerja lu di ulu (pinggiran / in the middle of nowhere), then it makes sense to have a car, soalnya biasanya kalo di sana tempat parkirnya gratis, dan kalau naik public transport tuh ribet. Trus kalo punya anak kecil, ya of course it's more convenient.

Jadi, apa intinya dari semua ini? Gak ada sih, gue cuma iseng aja karena lagi nganggur di kantor hihihi.

No comments:

Post a Comment