Tuesday, October 19, 2010

Singapore Taxi Uncles

Lanjutan dari posting sebelumnya, topik kali ini adalah macam2 taxi uncles di Singapore. (memang ada juga sih yang auntie, tapi kayaknya 95% (or even more) supir taxi di sini cowok deh)

1. Talkative Uncle
Mayoritas taxi uncle masuk ke kategori ini sih. Biasanya dimulai dengan
     Uncle (U) : You're not local, ah? Where are you from?
     Me (M) : Indonesia
     U : Study here ah? 
     M : Working oredi..... (emang muka gua masih kayak anak kuliahan ya? senyam senyum sendiri)

Abis itu biasa ditanya udah berapa lama di sini, udah merit blom, bisa ngomong mandarin gak, kerja di mana, trus kalo dah tau kerja di multinational company, pasti ditanya gimana kerjanya enak gak dll dll. Pokoknya kalo dapet uncle tipe ini gak bosen deh di perjalanan, kecuali kalo emang lagi gak mood ngomong, capek juga jawabinnya.

2. Silent Uncle
Nah kalo tipe ini kebalikannya dari tipe sebelomnya. Pertama duduk kagak nanya tujuannya mau ke mana, trus kayak gak ada respons gitu dia tau tempatnya apa kagak. Kalo ditanya "Uncle, you know the place or not?", palingan cuma dijawab "Mmm". Mungkin si uncle lagi sariawan kali ye, males ngomong. Abis itu radio juga kagak dinyalain..... total silence. Pas sampe juga gak pake ngomong, cuma terima duit dan balikin doang.

3. Smelly Uncle
Not being racist, tapi biasanya ini kalo dapet unclenya yang dari Indihe atau Malay. Well, CinDar (cina daratan) juga sih. Anyway makanya penting deh selalu siap sedia anti bacterial lotion di tas =D

4. Radio Uncle
Paling enak kalo dapet uncle tipe ini. Perjalanan jadi gak berasa lama.... tau2 udah sampe hehe. Tapi kalo dapet yang radio classical music atau bollywood music sih pusing juga hahaha. Kadang2 ada juga uncle yang merangkap karaoke king...... ikutan nyanyi2, terutama kalo di radio pas lagi lagu jadoel (e.g : Elvis, Bee Gees).

5. Chinese Radio Uncle
Yang gua maksud di sini tuh stasiun radio yang isinya cuma ngomong2 doang..... mana gak mudeng ngomong apaan.... kayak semacem lecture keagamaan gitu deh...... Kalo dapet yang ini mendingan pasang iPod sendiri aja....

6. Gahment Uncle
Entah kenapa, banyak taxi uncle di sini yang gak suka sama pemerintah (gahment tuh bahasa kerennya Singlish-nya government). Jadi uncle yang tipe ini tuh suka ngomong sendiri complain2 tentang pemerintah. Walaupun lu udah pasang tampang cuek secuek cueknya juga dia teteppppp aja ngoceh tentang tuh gahment. Kayak waktu itu pernah sekali waktu ceritanya si uncle mau ngambil shortcut lewat jalan kecil, eh tiba2 jalannya udah ditutup karena ada konstruksi baru di sebelahnya.

    U : Eh??? How come like that ah?
    M : Don't know (don't really care too)
    U : Walauwe...... (insert hokkian curse words here)...... how can do like that??? Gahment ah..... anyhow change the road one.... people want to go there now must U-turn so far away you know! (insert more hokkian curse words here)
    M :  ....... (-_-)"

7. SIM nembak Uncle
Ini gak jelas unclenya belajar nyetir di mana. Sebenernya ada beberapa sub-kategori lagi sih..... ada yang gaya Crazy Taxi (inget gak game itu?), ada yang gak bisa bedain kiri kanan, ada yang pengen cepet tapi takut kena speed cameranya si gahment, jadi nyetirnya gasssss, lepas.... gassss, lepas...... yang ada guenya yang pusing @_@

8. Expressway Uncle
   M : Uncle, go to Orchard Road please
   U : OK. You want to go by CTE, PIE, SLE, BKE, or ECP? (itu semua nama2 expressway di Singapore)
   M : Up to you lah (ini yang supir taxi siapa sih???)

9. Handsfree Uncle
Uncle tipe ini selalu siap sedia dengan handsfree earpiecenya. Uncle ini tipenya pekerja keras, gak suka buang2 waktu, jadi dia multitasking antara nyetir taxi dan ngobrol sama istri/temen/simpenan di telpon. Biasanya sih diiringi dengan ringtone yang super kenceng dan norak (lagu2 chinese / english jadoel).
Kalo dapet yang tipe ini serasa lagi dengerin sinetron, tapi gak ada gambarnya hehe. Percakapannya biasa seputar makanan, atau ntar mau ketemu di mana, atau gosipin temen / selebritis.

So, next time you're in a taxi, identify the uncles by category..... bisa mix and match juga loh..... contoh : smelly talkative expressway uncle, atau gahment handsfree uncle hehehe. Try it, it's fun! ;-)

1 comment: