Friday, July 2, 2010

SINGAPURA

Terinspirasi oleh blog posting ini (click here), dan juga karena jumat sore2 hujan2 begini gue lagi kagak ada kerjaan di kantor, mendingan gue ngeblog aja deh hahaha.

Berikut ini adalah observasi gue setelah lebih dari 10 tahun tinggal di little red dot on the map, a.k.a Singapore. Moga2 berguna untuk teman2 yang belum pernah ke sini dan ada rencana untuk datang.

1. Tisu untuk ‘chop’ tempat
Turis2 yang ke sini biasanya paling kaget sama hal yang satu ini. Jadi kalo di Singapore tuh udah kebiasaan semua orang bawa tisu paket sendiri. Tujuannya tuh buat nge-chop (nge-tag / nandain) tempat, biasanya sih di foodcourt.

Jadi kalau ke foodcourt liat di meja ada tisu, jangan sembarangan diambil ya. Itu tandanya udah ada orang yang mau duduk di situ, tapi dia lagi beli makanannya.

Ini pula penyebabnya kenapa tukang jualan makanan di sini jarang yang kasih tisu gratis. Lha wong semua orang udah bawa sendiri hehehe.

Sebenernya sih gak usah pakai tisu, kadang2 suka ada orang yang nandain pake barang aneh2, kayak payung, koran, document2, dan lain sebagainya. Pokoknya kalo ada barang di meja selain piring bekas, itu tandanya ada orang yang udah mau duduk di situ.


2. It’s OK to wears shorts and slippers everywhere
The main reason for this ya karena di sini tuh panassss dan humid banget. Jadi naturally orang2 pada males dandan rapi2…… the national costume for guys on weekends is t-shirt / polo shirt + shorts / bermudas, dan sendal jepit. Ya tapi at least di sini sendal jepitnya bukan merk swallow, tapi havaianas, atau crocs :P

Mau ke pantai keq, mau ke mall keq, bahkan ke gereja pun kostumnya sama. Kadang2 ya bosen juga, tapi it’s just too damn hot to wear anything else. Lagian kalo lu rapi sendiri, ntar jadi saltum dong :P


3. Jangan lupa bawa payung
Kalau di negara bule ada 4 musim, di Singapore juga gak kalah loh…… 4 musim di sini itu adalah hot, very hot, raining, and raining like there’s no tomorrow. Hehehe….

Maklum lah namanya juga negara tropis…. Kalo lagi hujan di sini tuh bisa heboh banget, lengkap dengan thunder and lightning (di Indo juga sih). Makanya penting untuk kita2 kalo pergi2 bawa payung. Biasanya sih bawa payung lipet aja, jadi bisa dimasukin tas. Gak perlu sampe bawa2 payung golf gitu loh.

Walaupun orang banyak bilang “di Singapore kan semuanya ada underground pass”….. well, that’s not really true. Contohnya tuh mall Paragon yang ada di Orchard Road. Walaupun itu termasuk mall prestigius, dan letaknya percis sebrangnya Ngee Ann City / Takashimaya, tapi tetep tuh kagak ada sambungan bawah tanah ke mana2. Ya kecuali kalo lu nyetir, ceritanya udah beda hehe.


4. Di dalam rumah nyeker
Satu lagi kebiasaan orang Singapore yang beda sama Indo. Kalau di Indo biasa di rumah semua orang pakai sendal...... nah kalau di sini kebanyakan tuh gak pake apa2 alias nyeker. Mungkin alesannya karena kalau pake sendal lantainya lebih cepet kotor, dan kebanyakan orang sini gak ada waktu untuk bersihin rumahnya setiap hari.

Jadi kalau bertamu ke rumah orang di sini, jangan lupa copot sepatu begitu sampai di dalam rumah. Jangan dicopot di luar ya, ntar ilang :P


5. SALE
Jangan terjebak dengan kata2 SALE di sini. Yang namanya sale tuh banyak banget deh di Singapore….. mulai dari chinese new year sale (around jan / feb), trus ada mid year sale (may), trus Great Singapore Sale (juni / juli), national day sale (august), end of season sale (oktober), dan christmas / year end sale (november / desember). So, it’s practically SALE all year long! Jadi kalau misalnya pengen barang tapi gak butuh2 banget, tungguin aja sampe SALE baru beli hehe.

Lagian ada beberapa toko yang dari dulu sampe skrg tulisannya closing down saleeee mlulu, tapi kagak tutup2. Mungkin yang punya toko mikir kan turis paling cuma 1 atau 2 hari di sini, mana tau kalo tokonya gak jadi close down hehehe.

Nah sekian dulu ya tips2 untuk edisi kali ini.
So, next time you’re coming this way….. contact2 ya.... :)

5 comments:

  1. Ahahahahaha^^ Berhubung Jumat sore ini gw juga ga ngapa²in, jadi gw baca blog lo :) Lucu lucu lucuuu...
    Yg chop seat sama sale itu singapore bgt sih!! Hahahahaha^^

    ReplyDelete
  2. hah.. ngetag tempat pake tissue? lha kalo tissue nya terbang gimana? atau bisa aja dong tissuenya kita buang aja, trus kalo orangnya dateng kita bilang: hah gak ada tissue kok di meja sini... :P

    pake shorts ama sendal jepit itu sih baju wajib gua dulu pas di indo. pokoknya kalo weekend pasti pake kaos, shorts, dan sendal jepit. kemanapun juga. kecuali ke kawinan. hahaha.
    dulu malah saking terbiasa pake celana pendek ya, gua gak betah lho pake celana jeans. rasanya sumpek banget gitu. tapi disini ya kalo lagi gak panas ya mau gak mau pake jeans biar gak masuk angin. hahahaha. anyway ada bagus nya juga nih kebiasaan pake celana jeans panjang, jadi bisa ganti2 sepatu... huahahaha apa coba... :P soalnya dulu kalo di jkt kan selalu pakenya sendal jepit ya karena gua gak merasa cocok kalo pake shorts tapi pake sepatu... :D

    ReplyDelete
  3. @candela : ya biasa lah begini jadinya kalo lagi kurang kerjaan hahaha

    @arman : tisunya yang ditinggal 1 paket kecil gitu, bukan 1 lembar. kalo 1 lembar sih iye terbang....
    trus emang bener sih ada kemungkinan diambil orang.... temen gue juga pernah kejadian gitu..... tapi most of the time gak sih hehe.

    ReplyDelete
  4. hahahaha...urusan chop2an itu gue benci banget tuh. pernah di hawker deket tempat gue, ada yang ngechop dengan cara naro anjingnya di kursi!! karena anjingnya kecil, gue kagak liat, jadi gue tarik lah kursi sebelahnya...kok berasa ada yang nggerem-nggerem yah...ternyataaa...ada anjing di kursi sebelahnya, gyahahahahah!

    ReplyDelete
  5. wahhhh ada pembaca baru! (kampungnorakmode ON :P)
    salam kenal ye......
    wah baru tau tuh ada yang ngetag pake anjing wkwkwkwk

    ReplyDelete